Magtoo

Minggu, 09 Agustus 2009

Logo Paskibra SMKN 1 Madiun

Logo Paskibra SMKN 1 Madiun

A. Makna Lambang
  • Bintang 8 Berwarna Emas, merupakan penggambaran bagi petugas upacara inti yang berjumlah delapan orang. Terdiri dar Komandan Upacara, 3 orang Pengibar Bendera, M.C (Pembawa Acara), Pembaca Pembukaan UUD 1945, Pembaca Doa, maupun Pembawa Pancasila. Masing - masing dari 8 petugas tersebut berideologi Pancasila yang mana Ketuhanan Yang Maha Esa terletak pada posisi paling atas dari Perisai Pancasila. Hal ini menunjukkan bahwa masing - masing dari petugas beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Perisai Merah Putih, menggamabarkan pertahanan maupun kesiapan membela bangsa dan negara Indonesia. Masing - masing anggota Paskibra senantiasa siap berjuang membela negara baik menghadapi serangan dari luar maupun dalam dengan berbagai upaya.
  • Rantai Emas, Penggamabaran dari persatuan dan kesatuan anggota. Jalinan persaudaraan emas diantara anggota Paskibra tentunya beragam perbedaan yang digambarkan dengan bentuk rantai yang berbeda - beda. Selain itu kekompakan serta kerjasama juga merupakan makna dari lingkaran rantai emas ini.
  • Bunga Tulip Putih, Penggambaran jati diri anggota Paskibra yang senantiasa berusaha untuk berprestasi dan mengharumkan nama bangsa. Berhati putih mulia, tulus mengabdi pada nusa bangsa. selalu muda dan mau belajar terhadap hal - hal baru yang bermanfaat.
  • Logo SMKN 1 Madiun dan Pita Putih, Logo tersebut menggambarkan bahwa seluruh anggota Paskibra merupakan perwaklian dari semua jurusan/bidang keahlian yang ada di SMKN 1 MAdiun. pita putih bertuliskan "Paskibra SMK Negeri 1 Madiun" berwarna hitam merupakan gambaran ketegasan dalam tindakan dan prilaku terhadap kebenaran dengan didasari hati dan niatan yang suci.
B. Makna Warna Lambang
  • Ketegasan : Hitam, Keberanian : Merah, Kesucian : Putih, Kekayaan Jiwa: Emas, Kemakmuran : kuning, dan Kedamaian : Biru.
C. Sejarah Terbentuknya
  • Sebelumnya terdapat beberapa logo lain dari sejumlah anggota Paskibra. Yang masing - masing di usulkan oleh Agus Setiyawan (Angkatan II) dan Sigit Tedy Santoso (Angkatan III). Logo ini sendiri di buat oleh Fatkhan Tsani Haqque (Angkatan III) pada bulan Juli 2008. Logo ini dipilih oleh pembina Paskibra ketika itu dengan sejumlah perubahan. Perubahan dilakukan pada simbol SMKN 1 Madiun yang berada pada bagian bawah Logo. Dan hasil perubahan logo tersebut diresmikan penggunaanya hingga saat ini. Berikut ini merupakan logo Paskibra SMKN 1 Madiun sebelum mengalami penyempurnaan.

Logo ini merupakan logo ciptaan Fatkhan T Haqque (Angkatan III) sebelum mengalami perubahan pada bagiannya.

Translate to : by

1 komentar:

Paskibra - SMK Negeri 1 Madiun mengatakan...

Bagi teman - teman yang hendak saling sapa melalui media dunia maya, kami persilahkan melalui blog ini.

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan kritik membangun dan saran demi kemajuan blog ini kedepannya.

Pasukan Pengibar Bendera SMKN 1 Madiun